Homeschool, I'm back :)


Sudah lama rasanya saya sudah tidak mengutak-atik homeschool. Entah ya, kadang persoalan pekerjaan berpengaruh terhadap mood dan performa tubuh. I mean, serious, ketika di kantor sudah lelah bekerja, apalagi pekerjaannya bertentangan dengan kata hati, jangankan mau bersemangat menggapai mimpi, bertahan supaya stay awake sampai jam sembilan malam saja rasanya susaaahh sekali. I’m telling you because I’ve been there before. Really.

Waktu itu, jangankan semangat ngajak Chiya belajar, bertahan bisa melek jam sembilan saja prestasi banget deh. Saya punya ide belajar yang one step forward dan lebih efektif. Tapi ya itu, harus nunggu mood-nya bagus dulu :)

Setelah di kantor baru (feels the new atmosphere with new spirit), saya kadang punya waktu luang untuk browsing. Daripada browsing gak bermanfaat, jadilah saya mulai berpikir untuk kembali mengaplikasikan teknik belajar homeschool (lagi) pada Chiya. Sebenarnya untuk menerapkannya bisa sendiri sih, tapi rasanya saya butuh eksplorasi dan ide-ide baru. Tentu saja world wide web selalu punya jawabannya, heuheu…

Akhirnya, saya download beberapa lembar worksheet. Karena saya sudah tahu limit-nya Chiya, maka saya mencari yang sesuai sekaligus bisa up grade kemampuannya (berhitung, bahasa inggris dan logika). Setelah saya download, saya cek lagi worksheet-nya. Kalau sekiranya sudah sesuai, saya save dan print (nge-printnya di warnet, soalnya gak enak kalau ngeprint di kantor :p). 

Saya jadi ingat jaman masih stay at home dulu. Rajiiiiinnn banget ke warnet. Selalu bawa Chiya dan menyediakan satu komputer buat dia ngegame. Saya bukakan games Sesame Street atau games preschool yang lucu-lucu, sementara saya googling atau blogging. Saya juga sempatkan googling coloring sheet buat dia dan membawa pulang berlembar-lembar coloring sheet untuk diwarnai during her lunch. It was fun and I was feel so great to be mom. Ooowwhhh whatta paradise :)

Kalau dulu di Yogya, saya lebih sering browsing resep masakan selain soal homeschool. Pertama, untuk obat bosan sama menu yang monoton. Kedua, ya tentu saja buat up grade cooking skill dong ah.

Nah, untuk homeschool kali ini saya mulai mencari untuk First Grade, tidak lagi Kindergarten. Kenapa? Tentu saja karena Chiya harus terus up grade skill dong … Jadi kalau di umur ini dia sudah bisa describe colors and some animals, maka saya harus cari yang mengenali profesi atau activities. Kalau dia sudah bisa penjumlahan angka-angka besar, maybe she can start to learn multiple  math. Dan tidak langsung dimulai dari 1x1=1 tetapi dimulai dari logika perkaliannya.

Rencananya, lembar demi lembar ini akan saya dokumentasikan. Diberi tanggal lalu “dinilai” berdasarkan kemampuan. Owh, I love to do this. Thanks to internet! :)

ini beberapa souce yang bisa dicoba:

Comments

  1. salut!

    masih sempat2in cari materi home schooling utk anak.

    De mah pulang kerja udah teler duluan

    ReplyDelete
  2. @ Bunda Rayfa: itu browsing di kantor kalo kerjaan lagi longgar kok mbak. Kalo pulang kerja sih sama: tepar! Toss dulu mbak *toss* hehehehe...

    ReplyDelete

Post a Comment