Cemilan yang mudah dibuat

[Mau resep yang lain? Sila cek Cookpad saya, ya.]

Minggu pagi...
Kalau di Yogya, biasanya kami bangun siang, lalu sarapan seadanya. Agak siangan, kami jalan-jalan--kemana saja kami suka. Taman Pintar, museum, kadang-kadang ke mall, ke Sunmor (Sunday morning) di UGM, or just walking around. Pokoknya Minggu pagi jadi waktu buat kami untuk leyeh-leyeh dan santai-santai. Saya pun biasanya pada hari Minggu absen dari aktivitas memasak. Paling-paling bikin sesuatu buat cemilan atau sarapan saja. Nah, yang biasa saya bikin adalah cemilan-cemilan yang easy to make. Beberapa di antaranya, saya tulis di sini. (Sumpah, semua yang saya tulis ini, gampang bukan main!!)

CUP CORN
Biasanya jajanan ini kita beli waktu ke mall atau pas jalan-jalan. Sebetulnya, cara bikinnya simpel banget lo! Cuma butuh jagung manis yang sudah dipipil, lalu dikukus. Kenapa dikukus? Karena kalau direbus, repot! Hehe, selain juga karena jagungnya sudah bentuk pipilan, jadi lebih cepat matang. Nah, setelah dikukus kira-kira selama lima belas menit-an, lalu diambil secukupnya ke dalam mangkuk dan ditambahkan margarin sesuai selera. Kalau bisa pas jagungnya masih panas, agar margarinnya meleleh di atas jagung. Kemudian, tinggal dipilih mau pakai topping apa. Saya biasanya pakai parutan keju atau coklat pasta. Kalau tidak ada, bisa pakai meises atau susu kental manis. Nah, gampang kan???

ROTI GORENG
Kalau yang ini saya terinspirasi jajanan waktu SMP. Bikinnya juga mudah kok. Roti tawar dipotong-potong mejadi empat bagian. Ambil satu bagian, lalu isi dengan abon. Ambil satu bagian lagi, kemudian ditangkupkan. Celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok lepas, lalu digulingkan pada tepung roti. Goreng pada api kecil sampai kecoklatan. Dan roti goreng siap disantap!

MOCCA-OREO SMOOTHIE
Saya bingung mau memberi nama apa. Tapi kurang lebih, ini adalah minuman yang dibuat dari campuran kopi instan rasa Moccacino (yang tentu saja ama-sangat mudah dicari) dengan kepingan biskuit Oreo. Bisa ditambah susu juga kalau mau. Biar dingin, tambah es batu lalu diblender. Tuh kan, gampang banget...

FRUIT ICED
Kalau yang ini bisa dijadikan andalan jika anak kita agak susah makan buah. Karena Chiya sangat welcome dengan buah, maka minuman ini hanya jadi selingan saja. Fruit iced ini hanya jus buah yang dibuat lebih kental lalu dibekukan dalam frezzer. Biar lebih menarik, taruh dalam wadah es krim komplit dengan stiknya. Voila, Bunda bisa punya es krim sendiri di rumah!

ANEKA GORENGAN
Goreng-gorengan ini biasanya saya buat untuk lauk. Tapi bisa juga buat cemilan. Bahan utamanya bisa ayam tanpa tulang, udang yang sudah dikuliti, atau cumi-cumi. Bikinnya cuma mencelupkan bahan utama ke kocokan telur, lalu dilumuri tepung bumbu. Sudah, itu saja. Kemudian digoreng, tentu saja! Masak mau makan mentah-mentah... Selain itu, bisa juga menggoreng jamur. Jenis jamur yang biasa saya gunakan adalah jamur tiram atau jamur kancing. Tergantung selera dan kemudahan mendapatkannya saja sih! Yang penting, bahan utamanya penuh gizi dan Bunda tidak kesulitan membuatnya. Ya kan? ^_^

Comments