Memo akhir 2014

(Picture from here)

Hai, halo.

Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2014. Karena tahun kemarin sudah bikin semacam kalaedoskop singkat mengenai hidup saya, kali ini saya ingin menjaga kebiasaan itu tiap akhir tahun.

Mungkin bukan jenis kalaedoskop komplit, tapi hanya flash back singkat saja. Here we go.
Awal tahun posisi saya sudah di rumah alias resign. Sehari-hari menjaga kehamilan yang kerap bolak-balik check up ke dokter karena bleeding atau flek. Bulan kedua, asisten rumah tangga buru-buru balik kampung. Sejak itu saya bangun lebih pagi untuk menyiapkan kebutuhan sekolah Chiya. Juga sore hari untuk ia mengaji. Ketika itu, siang hari selepas ia sekolah, kami berdua makan buah dingin sambil mengerjakan PR. It was good old days, by the way.

Akhir April mulai was-was, flek masih saja hadir sementara usia janin makin matang. Takut sekali kenapa-kenapa. Diputuskan untuk sectio caesaria tanggal 2 Mei. Prosesnya cepat, tapi jauh lebih sakit. Alhamdulilah, saya dan bayi sehat. Meski setelah dibawa pulang, si Levi bilirubinnya tinggi. Sempat dua kali cek darah, ternyata dia termasuk breastmilk jaundice. Sekitar umur dua bulan bilirubinnya baru turun secara signifikan.

Sejak melahirkan ini rasanya muncul friksi-friksi dan drama. Saya juga bukan perempuan sempurna sebagai anak, sahabat, ibu dan isteri. Banyak hal coba saya renungkan sendiri. It's still going on until now.

Banyak hal yang saya pelajari di paruh kedua tahun ini. Banyak sekali. Memaknai pernikahan sebagai hal yang tidak ditujukan untuk "mencari kebahagiaan". Atau merekontruksi hubungan orang tua dan anak yang selama ini saya jalani (sebagai anak). Dan lain-lain. Perjalanan hidup saya sangat terasa di usia kepala tiga ini *tua ya, bok!*

Hal lain, adalah ketika saya "iseng" jualan melalui akun facebook personal saya. Sebetulnya saya sudah punya akun khusus jualan, tapi tidak saya rawat dengan baik. Bisnis yang tidak dijalani dan ditekuni memang tidak akan maksimal. Alhamdulilah, kali ini jualannya lancar. Ada beberapa reseller di beberapa kota. Tahun depan insya Allah ada beberapa rencana untuk jualannya juga.

Begitulah. Tak begitu istimewa, memang. Semoga tahun depan akan ada lebih banyak pelukan dan harapan baik yang tercapai. Aamiinn.[]