Bocoran Menu untuk Bekal Sekolah

[Mau resep yang lain? Sila cek Cookpad saya, ya.]

Here we go!! This is my favorite part. Dulu, waktu masih full time mom saya amat mendambakan momen di mana saya harus memasak dan menyiapkan bekal untuk sekolah Chiya. Juga momen mengantar-jemput. (Kecuali rumpi sama ibu-ibu yaaa... Itu pengecualian.) Dulu, selama Chiya belum sekolah (sementara semangat ini menggebu-gebu), saya senang mengumpulkan buku-buku resep khusus cemilan untuk anak-anak atau resep-resep bekal sekolah. Sampai sekarang, ada sekitar 4 atau 5 buku resep. Dan saya sukaaa sekali! Suka bolak-balik bukunya, bukan masaknya, hahaha! Sebab, kalau mengamati perangai Chiya yang kerap “uek” kalau ketemu makanan (terutama yang fully fat atau dairy product), saya agak tidak PD untuk masak makanan yang ada di resep-resep itu. Takut dia “uek”, hehe... Nah, untuk kali ini, tidak ada ampun, deh. Saya mau tak mau harus mencoba resep-resep itu dan Chiya mau tak mau dibawakan bekal dengan menu “aneh-aneh”. Yah, kami sama-sama belajar deh! For good.
Oke, sebelum mengintip ke pilihan menunya, saya mau membagi menu ke dalam beberapa variasi. Pertama, menu berat which is nasi dan kawan-kawan. Kedua, menu ringan, seperti bangsa cemil-cemilan. Terakhir, menu yang segar-segar (ternasuk minuman segar, jelly dan puding). Oya, saya di sini tidak ingin memberi resep-resepnya yah. Saya cuma mau membagi bocoran idenya saja. Tapi kalau memang bingung dan need a help, mungkin nanti saya bisa membantu. Nah, now let's take a tour.

MENU BERAT

    NASI GORENG

untuk fillingnya bisa macam-macam, misalnya bakso, sosis, telur, sayuran beku (seperti wortel, jagung pipilan dan kacang polong), smoked beef, dan lain-lain. Beri juga irisan mentimun manis dan tomat agar nasi goreng lebih terasa segar.

    NASI + TUMIS UDANG
udangnya bisa diganti dengan ayam atau fillet ikan. Kalau anak suka pedas, bisa ditambah paprika dan lada bubuk.

    NASI + AYAM TERIYAKI
kata sahabat saya, daging ayam sebaiknya direndam di saus teriyaki selama semalaman. Supaya bumbunya lebih meresap.

    NASI + TEMPURA SEAFOOD
tinggal celupkan ke kocokan telur, lalu balur dengan tepung bumbu sebelum tepung roti. Goreng sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan. Bawakan juga saus tomat.

    NASI + FILLET IKAN GORENG
pilih ikan yang dagingnya tebal dan durinya jarang. Misalnya, ikan salmon atau ikan tongkol putih. Kalau mau, bawakan juga sambal kecapnya.

    NASI + OSENG TEMPE
potongan tempenya jangan terlalu besar, ya.

    NASI + ORAK-ARIK TELUR
panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah dicacah, lada bubuk dan garam secukupnya, masukkan telur lalu orak-arik. Libatkan anak, mereka pasti suka.

    NASI + NUGGET
bisa diganti dengan nugget Cordon Bleu yang yummy atau varian lain dari nugget. Seperti kaki naga atau nugget seafood yang bentuknya lucu-lucu. Bawakan juga saus tomat atau mayonesnya.

MENU RINGAN

    ROTI PANGGANG
buat saya, roti jadi penolong yang selalu bisa diandalkan ketika morning hectic membuat saya kelimpungan. Tinggal sediakan margarin saja. Toppingnya bisa hanya gula pasir, meses, keju, selai coklat atau selai buah-buahan yang menyegarkan.

    SANDWICH MINI/BURGER
kalau sedang tidak punya burger bun, gunakan roti tawar saja. Rotinya bisa dipanggang dahulu baru diisi filling, atau diisi dulu baru dipanggang sebentar di microwave.

    ANEKA GORENGAN
bocorannya: kulit pangsit goreng dengan beerbagai fiiling, tahu isi bihun, kentang goreng balur bumbu.

    VARIASI COKLAT LELEH
gaya klasik: coklat leleh dalam cup dengan filling kacang mete atau permen jelly atau biskuit mini. Alternatif lain: sate pisang panggang siram kuah coklat. Atau chocolate-strawberry-freeze.

    MUFFIN
kalau yang ini sepertinya semua ibu sudah lulus ujian deh! Muffin yang klasik juga menarik kok,  buat bekal sekolah. Biar menarik, tinggal beri topping saja. Misalnya, parutan keju atau icing sugar. Menyiapkannya harus semalam sebelumnya ya. Biar esok pagi tidak terburu-buru.

MENU SEGAR

    JELLY DAN PUDING
karena sekarang sudah banyak jelly dengan berbagai varian rasa, untuk finishingnya tinggal dicampur berbagai buah potongan saja. Stroberi, leci, atau anggur yang sudah dihilangkan bijinya. Bisa juga membuat jelly susu. Masak jelly seperti biasa. Bedanya, air putihnya diganti dengan larutan susu bubuk dengan jus stroberi.

    JUS BUAH
yang paling simpel adalah air jeruk. Tinggal peras, beri sedikit gula lalu taruh di tempat minum. Kalau bisa, bikin jus tanpa es. Kecuali kalau sekolahnya dekat dan ibu bisa mengantar jus itu right in time saat bel istirahat.
    ES BUAH
sebenarnya sih, lebih tepat kalau dinamakan minuman buah. Sama seperti resep es leci yang pernah saya posting. Bedanya, tidak pakai es. Yang penting sudah sempat bermalam di kulkas atau justru tidak dingin sama sekali. Karena rasanya sudah segar, jadi tidak dingin pun tidak masalah.

    BUAH POTONG
bekal yang satu ini pasti yummy. Berbagai buah potong bercampur di kotak makannya. Biar mirip seperti ----- buah potongnya harus ditemani coklat leleh. Kelemahannya sih, bekal ini harus fresh saat akan dikonsumsi.

Bekal nasi Chiya: nasi, udang tumis bumbu kuning dan sepasang jelly stroberi. Konon habis. Tapi ia hanya mau cemilan untuk bekal berikutnya. Soalnya dia tidak biasa makan nasi di luar jam makannya. Dia itu teraturnya minta ampun. :p


Nah, gimana? Sudah brainstorm belum? Kalau sudah, sekarang tinggal ambil note, catat, dan belanja. Saya juga mau feedback dari para mommy blogger dong... Pasti ada yang punya pengalaman seputar membawa bekal ini. Karena saya masih newcomer, saya juga butuh beberapa suggest biar tidak mati gaya. Oke, thanks for reading! :)

Comments

  1. aku juga lagi buat menu untuk bekal Pascal mulai senin ini nih.semangat yuk bun. aku contek2 sedikit gpp ya

    ReplyDelete

Post a Comment