Social Media Photography: The Apps (part 2-end)

Aplikasi edit foto di android saya

Lanjut bahas soal social media photography, ya. Setelah kemarin soal proses fotonya, sekarang bahas aplikasi fotografinya. Karena saya pakai android, jadi aplikasi yang mau saya bahas adalah aplikasi yang available di play store android. Yuk, cus.
We start from the paid and free app. Saya hanya punya dua aplikasi berbayar, Rhonna Design dan A Beutiful Mess. Sementara yang free, banyaaak hahaha... Saya kadang download buat trial dulu. Kalo ga suka, uninstall. Yang saya cari adalah aplikasi foto yang bisa edit dengan hasil yang stunning. Makanya saya suka ngoprekin applikasinya satu-satu. Ada aplikasi yang keliatannya standar-cenderung-cemen, tapi setelah dioprek, dia punya stiker unyu-unyu =))) So, don't judge an application from it's front look *halah*
Aplikasi edit foto sering saya pakai buat oprek foto pribadi atau untuk jualan. Dari ngecrop, edit shading, sampe adding text. Semua yang saya upload di Instgram atau Facebook adalah hasil ngoprek aplikasi-aplikasi itu. Bukan ngoprek photoshop, eaaa X))

Let's start!

Rhonna Design
Rhonna Design (paid).
Rhonna ini aplikasi buat desain foto, bukan aplikasi yang basisnya buat edit foto. Karena lebih banyak fitur buat desain daripada edit fotonya. Yang banyak tentu saja labels dan berbagai icon bergaya pop vintage. Saya pakai Rhonna buat desain label online shop saya. Template ukuran fotonya dibuat fit untuk Instagram.  Jadi bisa langsung upload (ada fitur direct share). Kalo suka desain bergaya pop vintage, aplikasi ini worth to buy.

A Beautiful Mess
A Beutiful Mess (paid).
Mirip dengan Rhonna, Beautiful Mess (BM) ini adalah aplikasi desain foto dengan template square untuk Instagram. Sayang, pilihan labels dan iconnya tidak sebanyak Rhonna. Saya jarang pakai BM karena alasan itu.


Labelbox
Labelbox (free). Labelbox ini adalah aplikasi khusus nambahin label (pita) di foto. Kalo bosen sama watermark teks standar di foto, ini bisa buat penggantinya. Pilihannya labelnya gak begitu banyak, tapi cukup kok buat milih-milih. Oiya, kalo mau starting, choose photo from the gallery, ya. Jangan dari recent pictures. Saya sempat uninstall karena gagal mulu load photo dari recent pictures. Ternyata solusinya cuma itu, hehehe...
  

Photo Art
Photo Art (free).
Waktu masih pake windows phone, saya pernah install aplikasi macem ini. Bagus hasilnya. Bisa bikin foto berwarna atau hitam-putih hanya pada bagian tertentu saja. Kalo mau rapi memang harus telaten. Kalo saya agak susah rapi karena jempolnya luas hahaha...


InstaSize
InstaSize (free). Karena Instagram mewajibkan semua foto berdimensi 1:1, maka muncullah berbagai aplikasi edit foto untuk upload di Instagram. InstaSize ini merupakan aplikasi crop foto kedua, sebelumnya pernah install aplikasi serupa tapi gak sreg. InstaSize ini cukup "bersih" hasil crop-nya. Ga perlu warna tambahan di sisi kanan-kirinya.




Snapseed
Snapseed (free). Aplikasi edit foto beneran, nih. Fiturnya "serius", hasilnya stunning. Kalo jago ngoprek satu-satu fiturnya, bisa bikin foto jadi keren, lho. Fitur yang sering saya pakai adalah "automatic" dan "drama". Kelemahannya (seperti sebagian besar aplikasi edit foto lainnya) adalah tidak bisa membubuhkan teks pada foto.

PicsArt
PicsArt (free). Aplikasi ini jadi tenar karena Instagram-in-hand. Fitur edit fotonya PicsArt lumayan banyak, bisa tambah teks pula (meski ga terlalu mudah). Selain itu, PicsArt punya fitur yang mungkin jarang ada di aplikasi lain. Seperti, drawing, add photo, clipart dan shapemask yang menurut saya keren banget. Saya paling sering pake fitur kolasenya untuk jualan.


Phonto
Phonto (free). My favorite app! Aplikasi ini spesialisasinya adding text. Yang bikin keren, pilihan font-nya banyaaakk. Sekarang bahkan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur baru seperti: curving text, spacing, dan color pattern. Now adding text is never be the same again!


Masih nungguin Camera360? No, I'm not installing face editing app X)) Syudah yaaa, hanya ini yang bisa saya share. Semoga membantu yang sedang hunting aplikasi, ya. So, browse on your playstore now and pick your favorite =)

Comments